Jumat, 03 Februari 2012


        PENGERTIAN WEBSITE ATAU SITUS.
Website atau situs juga dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).
Bersifat statis apabila isi informasi website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website.
Bersifat dinamis apabila isi informasi website selalu berubah-ubah, dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari pemilik serta pengguna website. Contoh website statis adalah berisi profil perusahaan, sedangkan website dinamis adalah seperti Friendster, Multiply, dll. Dalam sisi pengembangannya, website statis hanya bisa diupdate oleh pemiliknya saja, sedangkan website dinamis bisa diupdate oleh pengguna maupun pemilik.
UNSUR-UNSUR DALAM PENYEDIAAN WEBSITE ATAU SITUS.

Untuk menyediakan sebuah website, maka kita harus menyeediakan unsur-unsur penunjangnya, seperti halnya:
Nama domain (Domain name/URL - Uniform Resource Locator)
        Nama domain atau biasa disebut dengan Domain Name atau URL adalah alamat unik di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website, atau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website pada dunia internet. Contoh : http://www.nama situs .com
Nama domain diperjualbelikan secara bebas di internet dengan status sewa tahunan.
        Setelah Nama Domain itu terbeli di salah satu penyedia jasa pendaftaran, maka pengguna disediakan sebuah kontrol panel untuk administrasinya. Jika pengguna lupa/tidak memperpanjang masa sewanya, maka nama domain itu akan di lepas lagi ketersediaannya untuk umum.
       Nama domain sendiri mempunyai identifikasi ekstensi/akhiran sesuai dengan kepentingan dan lokasi keberadaan website tersebut. Contoh nama domain ber-ekstensi internasional adalah com, net, org, info, biz, name, ws. Contoh nama domain ber-ekstensi lokasi Negara Indonesia adalah :
  • .co.id : Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah
  • .ac.id : Untuk Lembaga Pendidikan
  • .go.id : Khusus untuk Lembaga Sekolah/uptdan Republik Indonesia
  • .mil.id : Khusus untuk Lembaga Militer Republik Indonesia
  • .or.id : Untuk segala macam organisasi yand tidak termasuk dalam kategori “ac.id”,”co.id”,”go.id”,”mil.id” dan lain lain
  • .war.net.id : untuk industri warung internet di Indonesia
  • .sch.id : khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan seperti SD, SMP dan atau SMU
  • .web.id : Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di World Wide Web




1.  PENDAHULUAN
     Unsur terpenting dari sebuah tampilan yang efektif situs web di internet adalah isi (content) dan disain yang baik serta menarik. Organisasi yang ada di Sekolah/uptd Pendidikan hendak-nya mengembangkan situs-situs web dengan isi yang selalu baru serta ditulis dengan baik, jelas, dan singkat yang memenuhi kebutuhan masayarakat luas, serta mudah diakses. Suatu informasi mutakhir yang dipublikasikan pada situs web di internet hendaknya bersamaan dengan publikasi yang ada di media lain.
     Sebuah situs web sekolah/uptd pendidikan mempunyai persyaratan minimal untuk isi. Pengelola situs web sekolah/uptd pendidikan harus mampu menentukan apa yang diharapkan oleh para pengguna mengenai apa yang seharusnya ada di situs web. Tenaga pendidik dan kependidikan yang ada di sekolah/uptd pendidikan sendirilah yang akan menentukan bagaimana sebaiknya mengatur isi dengan memperhatikan masyarakat pengguna situs web bersangkutan.
     Analisis dan pengetahuan mengenai masyarakat pengguna untuk sebuah situs web adalah penting, karena adanya kemungkinan perbedaan yang cukup besar antara masyarakat untuk bagian-bagian situs web yang berbeda, atau untuk situs-situs web yang berbeda di dalam sebuah tingkat organisasi sekolah/uptdan pendidikan. Pada saat merencanakan dan mengembangkan situs web sekolah/uptd pendidikan, sebaiknya dilakukan riset pasar yang dilakukan berulang kali untuk mendapatkan masukan tentang isi yang disajikan pada situs web sekolah/uptd pendidikan.
 2    ISI MINIMAL SITUS WEB SEKOLAH/UPTD PENDIDIKAN
     Berdasarkan hasil pengamatan pada 90 (sembilan puluh) situs web sekolah/uptd pendidikan, dan hasil Jajak Pendapat pada 90 (sembilan puluh) pengelola situs website sekolah/uptd pendidikan, isi minimal pada setiap situs web sekolah/uptd pendidikan adalah :
      a)  Selayang Pandang
         Menjelaskan secara singkat tentang keberadaan Sekolah/uptd Pendidikan bersangkutan (sejarah, motto sekolah/uptd, lambang dan arti lambang, lokasi dalam bentuk peta, visi dan misi).
       b) Sekolah/uptdan Pendidikan
         Menjelaskan struktur organisasi yang ada di sekolah/uptd bersangkutan beserta nama, alamat, telepon, e-mail dari tenaga pendidik dan kependidikan. Jika memungkinkan biodata dari tenaga pendidik dan kependidikan ditampilkan agar masyarakat luas mengetahuinya.
      c)  Geografi
          Menjelaskan antara lain tentang keadaan topografi, demografi, cuaca dan iklim, sosial dan ekonomi, budaya dari sekolah/uptd pendidikan bersangkutan. Semua data dalam bentuk numeris atau statistik harus mencantumkan nama instansi dari sumber datanya.
      d)  Peta Wilayah Rayonisasi
          Menyajikan batas administrasi wilayah rayonisasi PSB dan Ujian Nasional dalam bentuk peta wilayah (sebaiknya digunakan peta referensi yang dikeluarkan oleh Pemkab Banyuasin Dinas Pendidikan yang mempunyai tugas pokok dan
          Fungsi pembuatan peta, dan juga sumberdaya yang dimiliki oleh pendidikan bersangkutan dalam bentuk peta sumberdaya (digunakan peta referensi yang dikeluarkan oleh instansi sekolah/uptd yang mempunyai tugas pokok dan fungsi pembuat peta) yang dapat digunakan untuk keperluan para pengguna.
      e)  Peraturan/Kebijakan Pendidikan
          Menjelaskan Peraturan mengenai Pendidikan (Perda) yang telah dikeluarkan oleh Sekolah/uptd Pendidikan bersangkutan. Melalui situs web sekolah/uptd pendidikan inilah semua peraturan  yang telah dikeluarkan dapat disosialisasikan kepada masyarakat luas.
      f)   Buku Tamu
         Tempat untuk menerima masukan dari pengguna situs web sekolah/uptd pendidikan bersangkutan.
            Selain isi minimal seperti tersebut diatas, isi lainnya yang akan disajikan pada suatu situs web sekolah/uptd pendidikan diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing Penanggungjawab Situs dan Manajer Situs web sekolah/uptd pendidikan, tergantung pada kondisi setempat dan kesediaan data serta informasi yang dimiliki oleh pendidikan bersangkutan.
         Jika di dalam situs web sekolah/uptd pendidikan akan dimasukkan berita, sebaiknya berita yang disajikan adalah berita dari lingkungan sekolah/uptd pendidikan setempat, bukan diambil dari surat kabar lokal. Diharapkan berita situs web sekolah/uptd pendidikan menjadi acuan atau referensi untuk berita yang diterbitkan oleh surat kabar lokal.
 
3   HOME PAGE
     (berbagai contoh situs web Sekolah/uptd Pendidikan)
    Homepage pada suatu situs web identik dengan sampul suatu buku yang dipublikasi. Suatu bentuk homepage yang menarik akan mempunyai kesan tersendiri bagi pengunjung situs web untuk ingin mengetahui lebih jauh tentang isi dari situs web bersangkutan. Suatu homepage dari situs web sekolah/uptd pendidikan minimal menyangkut hal-hal sebagai berikut :
     a) nama Sekolah/uptd Pendidikan;
     b) logo atau simbol Sekolah/uptd Pendidikan;   
     c) alamat kantor, nomor telepon dan fax, alamat e-mail
         Sekolah/uptd Pendidikan;
     d) suatu gambar dalam bentuk citra (image) yang  memberikan 
         informasi tentangsesuatu yang menarik dari pendidikan
         bersangkutan (landmark), bisaberbentuk  pemandangan, gedung
         monumental, atau produk unggulan;
     e) suatu teks kalimat yang berhubungan dengan keberadaan situs web
         sekolah/uptd pendidikan (jargon);
     f)  kontak e-mail (alamat e-mail Manajer Situs) untuk menyampaikan suatu
         permintaan atau keterangan;
    g)  link dengan isi yang tersedia pada situs web sekolah/uptd pendidikan;
     h) fasilitas pencarian
     Khusus untuk kontak e-mail, hanya alamat e-mail yang mempunyai domain .go.id  yang bisa digunakan. Pemakaian  alamat generik (seperti, manajersitus, sekda) lebih diutamakan daripada alamat/nama pribadi, hal tersebut dikaitkan dengan kemungkinan terjadinya perubahan personil pada manajemen situs web sekolah/uptd pendidikan. Penanggungjawab situs web harus memastikan bahwa semua e-mail ke alamat-alamat yang dituju dijawab dengan segera, seperti halnya komunikasi fisik atau komunikasi elektronik lainnya dengan instansi Sekolah/uptd Pendidikan setempat.
 4  AKUNTABILITAS ISI
      4.1 Sangkalan Mengenai Isi
     Situs web sekolah/uptd pendidikan secara umum tidak perlu memuat sangkalan tentang suatu isi (data dan informasi) yang terdapat pada situs web Sekolah/uptd Pendidikan. Tidak ada alasan untuk memasukkan sebuah sangkalan umum pada suatu situs web seperti halnya yang dilakukan pada bahan yang sama pada media cetak. Merupakan tanggung jawab instansi, termasuk menyimpan bahan pada situs web secara akurat dan mutakhir, dan secara jelas menunjukan periode waktu suatu data dan informasi disebut baru, serta lokasi yang menggantikannya bilamana terdapat bahan-bahan yang telah usang disajikan.
     Sebuah penilaian mengenai suatu sangkalan isi apakah diperlukan atau tidak hanya dapat dilakukan atas dasar kasus demi kasus. Pengelola situs web sekolah/uptd pendidikan perlu mempertimbangkan kecermatan mengenai bahan, sumber bahan, dan kehandalan bahan bersangkutan. Jika suatu data atau informasi bersumber dari instansi sekolah/uptd, baik pusat maupun pendidikan otonom, umumnya tidak wajar untuk di-sangkal.
     Suatu sangkalan dapat relevan apabila data dan informasi yang disajikan berasal dari luar sekolah/uptd. Untuk kasus ini, dengan mempertimbangkan potensi terjadinya pelanggaran hak cipta dan fitnah oleh pihak ketiga akibat kekurang cer-matan pengelola situs web sekolah/uptd pendidikan, mungkin lebih bijaksana jika pada isi situs web bersangkutan dicantumkan kalimat:
     Data dan informasi (dokumen tertentu) berikut ini disediakan sebagai bagian dari pelayanan yang ditawarkan pada situs web sekolah/uptd pendidikan. Pengelola situs web sekolah/uptd pendidikan tidak bertanggungjawab untuk kecermatan dan isinya. Para pengunjung yang menggandalkan dan menggunakan data dan informasi ini berbuat atas risikonya sendiri.

      4.2  Kecermatan Isi dan Legitimasi
     Kebutuhan akan perhatian terhadap keakuratan dan tepat waktu dari suatu data dan informasi akan meningkat sesuai dengan peningkatan inter aktifitas dari sebuah situs web. Pemeliharaan rutin situs web sekolah/uptd pendidikan dengan demikian merupakan suatu masalah penting, dan dapat dise-derhanakan dengan cara :
     (1) pemberian informasi yang sederhana;
     (2) bentuk sederhana untuk download;
     (3) formulir online.
      Informasi yang dipublikasi pada sebuah situs web sekolah/uptd pendidikan harus sesuai dengan prosedur yang berlaku pada publikasi non elektronik agar mempunyai legitimasi yang sama. Hal ini berarti jika terdapat suatu kesalahan publikasi pada internet akan mempunyai konsekuensi yang sama pula jika dipublikasi secara non elektronik. Informasi yang dapat dipublikasikan pada internet harus mengacu pada aturan yang berlaku, baik menurut Undang-Undang maupun Peraturan Pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar